Apa Itu E-Payment Dan Bagaimana Ide Pembayaran Electronic

Apa Itu E-Payment Dan Bagaimana Ide Pembayaran Electronic

Untuk Anda yang sudah terlatih belanja memakai media internet, kemungkinan Anda ketahui apakah itu E-payment. Ya, cukup dengan memakai media internet, Anda bisa belanja dari kapan saja dan mana saja.

Dengan begitu, Anda tidak lagi antre atau macet - macetan dijalan raya, cukup hanya piranti yang tersambung ke internet, Anda bisa berbelanja. Seterusnya cuman menanti barang dikirim dan sampai kerumah Anda.

Lalu, apakah itu E-payment dan apa modenya?

E-payment ialah mekanisme pembayaran electronic yang memakai sarana internet sebagai fasilitas mediator.

Mekanisme pembayaran electronic terus alami perkembangan yang luar biasa. Ini dikarenakan oleh penebaran tehnologi mode e-banking sistem dan tren berbelanja online yang tetap meningkat.

Berikut Sistem Elektronik Payment atau E-payment

Bila dilihat dari sistem yang dipakai, E-payment dipisah jadi dua. Apa itu? Berikut 2 sistem e-payment.

1. Kontan E-payment Sistem

Mekanisme ini dikenali dengan istilah EFT (Elektronik Funds Transfer) yakni mekanisme transfer dari 1 bank ke bank lain secara tunai tanpa uang tunai berupa fisik. Maknanya transaksi bisnis yang sudah dilakukan berupa data digital yang terdaftar di antara faksi - faksi terkait.

Dalam pada itu EFT mempunyai beberapa ide salah satunya ialah:

- Direct debet

- E-check

- Electronik Billing

- Electronik Kontan (E-cash), dan

- Stored nilai Card

2. Kredit Payment Sistem

Mekanisme ini mempunyai beberapa ide salah satunya ialah :

- Kredit Card

- E-Wallet dan

- Smart Card

Lalu pertanyaannya ialah, apa keuntungan yang hendak kita peroleh dengan memakai E-payment?

Sama seperti yang kita kenali jika kehidupan warga kekinian benar-benar memerlukan internet. Semuanya disebabkan karena keringanan yang dijajakan. Sama seperti yang sudah diterangkan jika berbelanja online sekarang menjadi tren yang semakin berkembang di warga.

Apa lagi di turuti oleh banyak opsi E-commerce yang memakai E-payment untuk lakukan transaksi bisnis jual beli.

Apa faedahnya di dunia usaha? - Source Info

- Bisa tingkatkan perform, karena cepat, pas, dapat.

- Lebih efisien dan efektif saat bertansaksi.

- Fleksibel, Customer atau pelaku bisnis bisa lakukan transaksi bisnis dimana saja dan kapan saja.

- Gampang dari sisi implementasi. Karena siapa saja dapat mengaplikasikan tehnologi ini karena tidak perlu ketrampilan koding yang hebat.

- Sistem yang dipakai benar-benar aman karena tehnologi yang dipakai benar-benar tinggi.

Siapa yang memakai tehnologi e-payment?

- Konsumen pemakai jasa atau produk. Sebagai contoh orang yang belanja di e-commerce, beli jasa ticket pesawat, beli token listrik dengan mobile banking dll.

- Faksi penjual atau penyuplai jasa yang hendak terima transaksi bisnis dari konsumen

- Isuer, yakni instansi bank atau instansi non bank

- Faksi yang menggenggam peraturan umumnya pemerintah.

Berikut contoh-contoh implementasi tehnologi E-payment

1. Kaskus

Kaskus yang dulunya sebagai komunitas dialog, sekarang sudah berkembang lebih cepat bersamaan dengan bertambahnya jumlah pembaca mereka. Kaskus sediakan sarana e-payment yang namanya Kaspay.

Kaspay dikeluarkan oleh faksi kaskus pas pada ulang tahunnya yang ke 10. Nach saat ini, pemakai kaskus memakai sistem itu saat lakukan transaksi bisnis untuk lakukan jual beli.

2. Tokopedia

Tokopedia sebagai marketplace yang paling populer di Indonesia. Tokopedia sediakan sarana untuk aktivitas berbelanja baik untuk konsumen dan penjual. Tokopedia bisa dimisalkan seperti pasar. Anda pasti bisa memikirkan sendiri bagaimana aktivitas yang berada di pasar konservatif. Penjual dan konsumen berjumpa untuk lakukan transaksi bisnis jual beli.

Penjual yang manfaatkan Tokopedia akan memperoleh domain khusus. Seterusnya konsumen lakukan login ke situs itu untuk cari produk - produk yang ditawari oleh penjual. Mereka bisa dengan bebas pilih beragam jenis tipe produk.

3. Bukalapak

Membuka lapak sebetulnya nyaris serupa dengan pasar place Tokopedia tadi. Baik dari sisi reputasi dan pendayagunaan tehnologi yang dipakai. Namun, bedanya berada di proses transaksi bisnis yang dilaksanakan.

Membuka lapak akan mengirimi pembayaran ke account penjual bila barang yang di membeli telah tiba ke tangan customer.

Bukalapak sebagai marketplace yang paling populer, beragam jenis produk dapat Anda dapatkan di website itu.

Dan ada banyak situs - situ E-commerce yang lain manfaatkan tehnologi Elektronik payment ini.

E-commerce memang alami perkembangan yang signifikan. Apalagi dengan tingkat pemakai internet yang tetap alami pertumbuhan. Sekarang ini, Indonesia sudah sanggup menempati rangking ke 5 dunia.

Dengan begitu, mempunyai E-payment mekanisme baik itu untuk konsumen atau penjual benar-benar sangat dibutuhkan. Karena banyak faedah yang hendak kita peroleh, efektif, aman, dan ringkas.

Untuk orang yang kerap belanja online, pasti mereka sangat kerabatar. Nach untuk kita yang baru coba tehnologi ini untuk usaha, jadi tidak ada kelirunya kita belajar dan cari mengetahui lebih dalam apa mekanisme E-payment yang tersedia.Tujuannya supaya aktivitas usaha yang kita lakukan dapat semakin maju dan dapat memberinya keringanan untuk customer.

Mudah-mudahan artikel ini bisa memberinya deskripsi untuk Anda mengenai apakah itu E-payment dan contoh-contoh implementasi tehnologi itu. Bila ada gagasan dan anjuran silakan catat pada form komentar di bawah ini. Salam sukses selalu.

Komentar