2 Waktu Terbaik untuk Tidur Menurut Islam dan Kesehatan

2 Waktu Terbaik untuk Tidur Menurut Islam dan Kesehatan

Bagaimana Islam mengelola waktu atau waktu tidur yang bagus untuk kaum muslim dan berguna secara kesehatan? apa ada dalilnya berkenaan waktu terbaik untuk tidur ? apa harus dan disarankan? Baca Penuturannya

Tidur sebagai kegiatan yang penting untuk badan karena saat kita sedang tidur memiliki arti kita istirahatkan semua anggota tubuh. Oleh karenanya waktu tidur yang memadai bisa membuat tubuh kita berasa fresh dan semangat untuk jalankan kegiatan. Tetapi tahukah kita, ada waktu dan jam yang kita disarankan oleh islam untuk tidur. mengapa? ya, islam ialah bimbingan manusia didunia. tentu ada faedah yang ada didalamnya.

Tetapi, harus diingat sering tidur tidak bagus untuk badan kita. mengapa? karena akan membuat badan jadi lemas dan berpengaruh munculnya rasa malas. Karena itu seharusnya kita harus ketahui waktu dan jam terbaik untuk tidur menurut klinis dan islam.

1. TIDUR DIAWAL MALAM

Jam tidur pada malam hari yang bagus menurut Islam dan berguna untuk kesehatan ialah tidur pada awal malam.Tidur pada awal malam tujuannya ialah tidur sesudah shalat isya. Secara islam Rasulullah SAW membenci tidur yang sudah dilakukan saat sebelum shalat Isya. Hal itu dikatakan dengan hadits berikut ini.

Diriwayatkan dari Abu Barzah radlyallaahu ‘anhu :

"Bahwasanya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam membenci tidur saat sebelum shalat isya' dan mengobrol sesudahnya" (HR. Bukhari dan Muslim).

Tujuan dari hadits di atas ialah tidur saat sebelum shalat Isya bisa membuat kita lupa untuk lakukan shalat Isya dan tidur terlampau malam karena asyik mengobrol saat malam hari sesudah shalat Isya.

Hal itu sesuai riset kesehatan yang mengatakan jika seharusnya tidur di awal malam. Hal itu karena tidur terlampau malam bisa mengakibatkan kerusakan pada hati menurut riset beberapa dokter di National Taiwan Hospital.

Dengan tidur diawalnya malam mempunyai tujuan supaya kita dapat bangun di tengah (sepertiga) malam untuk lakukan ibadah. Karena dipertengahan (sepertiga) malam tuhan alam semesta, Allah SWT tinggalkan A turun kebumi dan rsy. ini dipertengas dalam hadist shahih yang maknanya

"Rabb kita tabaraka wa ta'ala turun ke langit dunia tiap sepertiga malam akhir. Dia lalu berbicara: ‘Barangsiapa yang berdoa, akan Saya kabulkan. Siapakah yang minta kepada-Ku akan Saya beri. Siapakah yang meminta ampun kepada-Ku, akan Saya ampuni. Sampai keluar fajar‘ " (HR. Bukhari 1145, Muslim 758)

2. TIDUR SIANG HARI

Waktu terbaik ke-2 untuk tidur menurut islam ialah tidur pada siang hari. Sebuah riset kesehatan mengatakan jika tidur siang bisa kurangi risiko terserang penyakit jantung yang berbahaya. Hal itu karena tidur di siang hari bisa kurangi stress dan detak jantung yang berlebihan.

Riset kesehatan itu searah dengan syariat Islam yang mengatakan jika jam tidur yang bagus selainnya malam ialah siang hari. Ini diperjelas dengan Firman Allah SWT sebagai berikut.

"Dan antara pertanda kekuasaan-Nya adalah tidurmu di saat malam dan siang hari dan usahamu cari beberapa dari karunia-Nya.Sesungguhnya pada yang begitu betul-betul ada pertanda untuk golongan yang dengarkan" (Ar-Ruum :23)

Dari keterangan secara klinis dan secara islam itu, karena itu kita seharusnya lakukan tidur di siang hari. Tetapi, seharusnya tidak boleh kelamaan tidur siang karena bisa mengusik kegiatan kita di siang hari untuk bekerja. Kerjakan istirahat atau tidur di siang hari sekedarnya saja dan seperlunya.

Begitu keterangan berkenaan saat yang bagus untuk tidur menurut klinis kesehatan dan islam. Mudah-mudahan dalam keterangan ini bisa menambahkan pengetahuan dan menghargakan waktu sebagus mungkin. SEMOGA BERMANFAAT

Komentar