Mengenali Apa Itu Accelerated Mobile Pages (AMP)

Mengenali Apa Itu Accelerated Mobile Pages (AMP)

Ulasan mengenai AMP sekarang ini masih hangat dibicarakan oleh rekanan - rekanan blogger. Khususnya untuk blogger yang memerhatikan kecepatan loading blog. Selanjutnya sebab menganggap tertarik, saya berusaha untuk cari tahu mengenai hal ini. Apa sich sebetulnya Google AMP itu? dan apa dampaknya untuk website? Agar tidak ingin tahu yok coba kita ulas apakah itu Accelerated Mobile Page (AMP) dan faedahnya untuk blog.

Kehadiran handphone dan tablet sudah riil memutar pemakai internet. Di mana mayoritas pemakai internet saat ini memakai piranti mobile mereka untuk membaca informasi, cari info, komunikasi dll. Hingga memerlukan rekonsilasi pada desain web/website yang ada sepanjang ini. Mengapa begitu? Desain web/website sistem lama condong tidak demikian cepat saat dijangkau dengan mobile browser.

Sesudah saya membaca ke sana kesini, rupanya Amp sebuah project yang dibuat oleh Google untuk percepat akses web pada piranti mobile. Dengan implementasi AMP, halaman web atau website dapat di akses dalam saat yang lebih cepat. pemakai internet cuman membutuhkan beberapa menit untuk buka sebuah halaman. Pasti ini bagus sekali untuk diaplikasikan.

Saya juga makin ingin tahu dan cari info mengenai apakah itu Amp, dan berikut beberapa ringkasan yang dapat saya ambil.

- Amp sebagai project Google yang di-launching pada Februari 2016 dengan arah untuk percepat loading halaman web/website saat dijangkau memakai mobile browser.

- AMP sebagai ringkasan dari bahasa Inggris yakni Accelerated Mobile Page.

- Proyek AMP memiliki sifat open source hingga pemakai dapat memodifikasi atau dapat meningkatkan AMP jadi makin baik.

Dari keterangan di atas dapat kita mengambil ringkasan jika, AMP sebuah pengembangan baru. Yakni Pengembangan untuk mengikuti perubahan pemakai internet lewat piranti mobile. Lalu karena kita sebagai pengurus website, tentu harus harus pelajari hal ini. Karena kita mengetahui jika, pengalaman pengguna sebagai factor yang paling penting supaya website kita dapat sukses.

Faedah Mengaplikasikan Amp

Dengan ketahui arah dan peranan AMP sebetulnya kita bisa ketahui apa faedah yang didapatkan saat menerapkan Google AMP dengan betul. Keterangan berikut sebagai ringkasan saya sebagai seorang pemula. Bila ada opini lain, silakan isi pada kolom komentar.

a. Membuat Pembaca Berasa Nyaman

Apa arah kita menulis artikel? Mayoritas tentu mempunyai tujuan supaya dibaca kan? Nach supaya pembaca berasa nyaman dengan artikel yang dicatat pasti pengalaman pertama kali yang harus jadi perhatian selainnya kualitas artikel ialah kecepatan loading page. Makin cepat loading halaman situs/website Anda karena itu pembaca akan berasa nyaman. Semua pembaca dan pemakai internet ingin memperoleh kecepatan akses.

Pembaca yang berasa nyaman dan tahu jika website Anda enteng dan cepat saat dijangkau, umumnya berminat untuk membaca artikel lain pada blog. Apa lagi disokong oleh navigasi yang jelas. Kembali juga, pengunjung yang buka lebih satu artikel pada website Anda membuat prosentase bounce rate jadi makin turun. Ini membuat bounce rate website jadi makin kecil. Bounce rate dapat disaksikan pada dasbor Google analytics. Factor semacam ini dapat tingkatkan keyakinan search Engine pada website Anda.

b. Dapat Menambahkan Pengunjung Website

Website yang berkualitas selalu mempunyai pembaca setia. Pembaca setia didapatkan saat website anda memberinya pengalaman terbaik. Seperti tingginya kualitas content dan kecepatan akses situs/website itu. Dengan memakai AMP Pembaca setia yang memakai mobile browser akan memperoleh pengalaman yang serupa dengan pemakai desktop.

Kemungkinan Anda pernah membaca riset dari perusahaan kelas kakap yang beroperasi di sektor internet. Mereka dapat memperoleh beda pendapatan yang besar sekali saat ada peralihan dalam kecepatan akses. Walaupun cuman dalam perhitungan detik, peralihan yang terjadi benar-benar signifikan.

c. Beban Server Jadi Makin Enteng

Untuk pemilik website yang memakai sumber daya terbatas, memakai AMP rupanya bisa turunkan penggunaan sumber daya yang dipakai. Karena pada proses data transfer pada AMP tak lagi dengan lakukan request css dan java script seperti biasa. AMP telah di desain sebegitu rupa sampai lebih enteng dan cepat.

Langkah Aktifkan Accelerated Mobile Page

Untuk pemakai cms WordPress sekarang ini telah ada plugin untuk aktifkan feature AMP ini. Cukup dengan memasangkan plugin AMP saja WordPress Anda bisa dijangkau dengan versus AMP. Dan untuk pemakai blogger saya belum memahami bagaimana caranya. silakan Anda mencari panduan komplet mengenai bagaimana memasangkan AMP pada blogger dan WordPress.

Untuk pemakai WordPress langkah aktifkan AMP memang lumayan mudah. Cuman sesudah memasangkan dan jalankan plugin AMP itu, Wordpress Anda sudah aktif dengan versus AMP yang kita ulas saat ini ini.

Apa Memberikan dukungan Iklan Penerbit/publisher?

Sama seperti yang kita kenali jika, arah khusus proyek Google AMP mempunyai tujuan untuk memudahkan penerbit/publisher dan pemakai. Proyek ini mempunyai tujuan supaya kecepatan akses di antara pemakai dan penyuplai iklan bisa sama - sama memperoleh keuntungan dari akses dan perubahan tehnologi saat ini. Karena itu, kita tak perlu cemas mengenai ini, karena tentu benar-benar memberikan dukungan iklan untuk seorang publisher. Pemilik website mempunyai tujuan supaya website mempunyai pengunjung yang tinggi, hal ini sesuai dengan arah dari AMP tersebut, yakni percepat loading website dari sisi pemakai internet mobile.

Ringkasan :

Sesuai kemauan beberapa pemilik situs/website supaya mendapatkan pengunjung yang tinggi, karena itu Google AMP memang pantas untuk jadi perhatian dan diaplikasikan pada blog. Karena sesuai namanya yakni akselerasi kecepatan pada halaman mobile. Hingga Anda tidak perlu pikirkan mengenai kecepatan akses website Anda saat dijangkau memakai tablet atau smartphone.

Kita juga paham jika, harga handphone dan tablet saat ini lumayan murah, ditambah dengan perkembangan tehnologi koneksi internet yang tetap tumbuh dari waktu - ke waktu. Perkembangan semacam ini membuat tren koneksi internet banyak dilaksanakan lewat piranti tablet dan handphone. Nach untuk pengurus web/website tentu jadi kewajiban supaya kecepatan akses dirasa oleh pemakai mobile.

Saya belum pelajari terlampau jauh mengenai hal ini. Kemungkinan keterangan di atas belum juga komplet dan ada banyak kekurangan karena saya sebagai seorang pemula di bagian blog. Bila ada tambahan dan pertanyaan silakan Anda catat pada form komentar di bawah ini.

Komentar