Panduan Pilih Theme WordPress Yang Menarik Dan Pas Untuk Website Anda

Panduan Pilih Theme WordPress Yang Menarik Dan Pas Untuk Website Anda

Theme terbaik untuk sebuah website sebaiknya penuhi persyaratan tertentu. Oleh karenanya, saat sebelum memilih untuk pilih theme wordpress untuk web atau website Anda, upayakan mempelajari lebih dulu dengan lakukan analisis dari beragam faktor supaya perform web atau website betul - betul jitu.

Kita bisa menyaksikan jika ada banyak tipe website. Dimulai dari portal informasi, web e-commerce, web lembaga, web otomotif sampai web website atau individu. Dari contoh - contoh web itu, kita bisa memerhatikan kecondongan theme apakah yang mereka tentukan kan?

Lalu, persyaratan apa yang perlu kita lihat?

Berikut ada banyak sistem bagaimanakah cara pilih theme yang pas untuk web atau website Anda. Tetapi, semua opsi bergantung dari kita masing - masing. Keterangan berikut cuma untuk bahan analisis saja.

Samakan Topik Website

Masing - masing tipe web tentu mempunyai keunikan tersendiri. Sebagai contoh lihat web portal informasi atau website gado - gado. Web informasi populer tentu mempunyai banyak banyak penulis dan kelompok. Theme yang mereka pakai condong bertopik majalah atau magazine.

Seperti gambar di bawah ini

Magazine theme lewat Themeforest.com

Nach untuk website individu bagaimana? Sama seperti yang kerap kita jumpai saat ini ini. Website individu condong pilih theme yang simple. Memanglah tidak semua, ada pula website individu yang mengaplikasikan theme newspaper atau magazine. Balik lagi ke hasrat masing - masing pemilik blog.

Karena wordpress sebagai cms open source yang paling populer, karena itu ada juta-an theme yang menyebar di mana - mana. Ada versus gratis dan ada yang premium. Kadang, kita jadi kebingungan ingin pilih yang mana. Ada-ada saja beberapa kekurangan dan kelebihan dari masing - masing theme itu.

Saya alami hal tersebut, namun ada faktor-faktor yang dapat kita menjadikan bahan analisis saat ingin tentukan theme yang tepat.

- Mekanisme navigasi yang gampang

- Design yang memikat

- Memakai font yang gampang dibaca

- Fast Loading

- Responsif

- Dukungan browser apa

- Up-date theme

1. Kenapa navigasi penting?

Navigasi website mempunyai tujuan untuk mempermudah pembaca mendapati artikel yang lain terkait. Mekanisme navigasi web yang gampang umumnya kelihatan komplet dan mempunyai susunan yang jelas. Pembaca bisa secara mudah mendapati kelompok topik yang diharapkan. Dapat mendapati daftar isi yang komplet dll.

Apa misalnya?

- Menu kelompok

- Menu page

- Terkait post

- Populer post

- Resent Post

- dan lain-lain seperti intern linking artikel

Ya karena ada mekanisme navigasi yang terang dapat membuat pembaca berasa kerasan dan dapat tingkatkan jumlah view website Anda.

Apa lagi bila artikel Anda memang menarik, pembaca makin ingin tahu untuk membaca artikel website Anda yang lain. Lantas apa efeknya? Terang situs Anda makin populer di search engine.

2. Design yang memikat

Yang tidak kalah penting saat kita ingin pilih theme wordpress ialah hal desain. Design benar-benar kuat hubungannya dengan identitas sebuah web/website Anda. Dari performa bisa membandingkan dan memperlihatkan keunikan website Anda.

Bagaimana design yang bagus itu? Design theme yang bagus memang bergantung dari hasrat masing - masing. Namun yang penting ditegaskan ialah keelokan dan nyaman saat di akses. Tidak boleh membuat berwarna-warni yang terlampau menonjol, membuat latar belakang beberapaya dan pelangi.

Kita dapat menyaksikan bagaimana design web yang umum. Kita dapat menyaksikan dengan menelusuri situs populer yang ada sekarang ini untuk mendapati gambarannya. Lalu bikinlah pembanding supaya situs Anda mempunyai ciri-ciri yang khas.

3. Memakai font yang gampang dibaca

Semua web atau website yang menyuguhkan artikel pasti ingin sekali supaya artikelnya dibaca. Nach salah satunya factor yang terpenting selainnya kualitas artikel ialah penyeleksian tipe font. Namun umumnya theme wordpress saat ini telah dibuat sebegitu rupa hingga tipe font sebetulnya telah didesain oleh developer theme itu.

4. Fast Loading

Factor kecepatan akses sebuah web atau website umumnya bergantung dari 3 hal. Pertama dari sisi sambungan pembaca, ke-2 dari sisi server, dan yang ke-3 disaksikan dari sisi theme yang dipakai. Dari ke-3 factor itu kita mengulas mengenai theme saja.

Theme yang baik umumnya benar-benar enteng, cepat dan jumlah requestnya juga benar-benar kecil. Jumlah request ke server bisa Anda saksikan dengan memakai tool seperti GTmetrik, webpagetest atau pingdom.org. Silakan Anda check kecepatan theme dengan tool itu saat sebelum Anda pakai sepenuhnya.

Coba pikirkan saat Anda bertandang ke web yang dapat dijangkau cuman dalam kurun waktu di bawah 2 detik. Pasti Anda berasa suka sekali kan? Berasa jika jaringan Anda sedang konstan, berasa ingin sekali membaca artikel yang lain ada di web itu.

5. Responsif

Theme responsif maknanya theme yang sanggup sesuaikan dengan resolusi monitor. jadi saat dijangkau dengan piranti mobile, ipad, netbook atau desktop karena itu penampilan theme sanggup menyesuaikan dengan baik.

Meskipun tren saat ini condong memakai AMP ( Accerelated Mobile Pages ) semenjak dikeluarkan oleh Google, kita tetap harus memerhatikan responsif theme. Maksudnya untuk pastikan bila masih tetap ada indeks artikel yang ke arah url standar situs/website masih tetap dapat tampil oke saat dijangkau.

Berikut contoh kemunculan bagaimana sebuah theme sanggup sesuaikan dengan resolusi monitor pada beragam piranti.

6. Dukungan browser apa

Ada banyak tipe browser yang tersedia. Namun umumnya developer theme sekarang ini sudah memberikan catatan apa browser yang disokong. Karena itu yakinkan semua browser terkini memberikan dukungan theme yang Anda gunakan.

7. Up-date theme

Pilih theme yang kerap mengupdate atau theme yang baru saja sudah lakukan up-date. Jauhi untuk memakai theme yang sudah kelamaan tidak diupdate. Ini memperlihatkan kesungguhan developer theme itu.

Theme Gratis Atau Premium?

Theme premium pasti semakin banyak feature bila dibanding dengan theme yang memiliki sifat gratis. Lalu kita ingin tentukan yang mana? Semua bergantung dari keperluan Anda. Coba lihat apa website Anda memang memerlukan feature - feature yang dijajakan pada theme berbayar.

Berikut banyak kelebihan theme premium

- Mempunyai feature komplet yang tidak dipunyai oleh theme gratis.

- Memperoleh lisensi pemakaian

- Umumnya theme premium ada dukungan langsung dari developer theme

- Penampilan dan design yang makin menarik

- Susunan theme yang lebih terjaga

Walau begitu, theme gratis kadang cukup memberinya beberapa feature untuk kita. Apa lagi bila Anda sanggup untuk pahami bahasa koding. Kita dapat membuat beberapa peralihan pada theme itu supaya makin menarik sama sesuai dengan yang kita harapkan.

Untuk maksud profesionalisme jika situs Anda sudah berkembang pesat. Tidak ada kelirunya Anda berusaha untuk beli theme premium. Selainnya dapat memperoleh feature penting, penampilan dan perform web atau website Anda dapat semakin cepat.

Ringkasan :

Pilih theme sebetulnya bebas saja, bergantung dari keperluan dan kemauan Anda. Saat lagi masih tercukupi dengan theme gratis, tidak ada kelirunya Anda memakai theme itu. Namun, bila kita berasa memerlukan peralihan supaya lebih kelihatan professional, perform yang lebih bagus, karena itu theme premium menjadi opsi Anda.

Komentar