13 Waktu Spesial Untuk Berdoa Yang Cepat Diwujudkan Dan Mustajab

13 Waktu Spesial Untuk Berdoa Yang Cepat Diwujudkan Dan Mustajab

Doa sebagai beribadah yang bisa dilaksanakan tiap umat Manusia, Apa saja agama nya pasti mengajari mengenai keutamaan berdoa. Begitu juga dengan agama islam. dengan berdoa memberi kita ketenangan batin dan lahir.

Doa dapat dekatkan kita ke tuhan alam semesta Allah STW. Tetapi sering kita berasa jika kita telah berdoa tetapi tidaklah diwujudkan. Harus dipahami bila kamu berasa semua keinginan kamu ke Allah belum diwujudkan, itu ialah langkah berpikir yang salah. Allah tentu merestui semua doa hambanya dengan dan saat yang tepat.

Peluang belum terkabulkannya semua doa yang kita panjatkan mungkin karena belum waktunya kita memperolehnya sekarang. Allah tahu yang mana kamu perlukan dan yang cuman harapkan. jadi berbaik sangkalah padanya. Perbanyaklah minta dan berdoa ke Allah.

Doa ialah kewajiban untuk tiap muslim, Doa menggambarkan jika kamu ialah figur yang rendah di depannya. Allah benar-benar menyenangi hambanya yang berdoa. Karena itu, sangat rugi bila kita melewati untuk berdoa dan minta karena kita akan terhitung hamba yang tinggi hati. seperti firman Allah SWT berikut ini.

Berdoalah kepadaKu, Saya akan luluskan doa kalian. Benar-benar beberapa orang yang menyombong diri karena malas melaksanakan ibadah kepada-Ku, akan ditempatkan ke neraka Jahannam pada kondisi nista dina" (QS. Ghafir: 60)

Berdoa itu tidak mengenal waktu dan tempat, kita dapat memanjatkan doa dimanapun dan kapan saja. ini dapat kita definisikan jika kita akan ingat dan menyebutkan nama Allah di tiap kegiatan yang kita kerjakan. Lepas dari hal itu, ada alasan baik hadist atau firman Allah menjelaskan jika ada saat-saat yang pas untuk kita berdoa yang terjaga akan diwujudkan, karena pada saat-saat tertentu pintu-pintu langit akan terbuka yang mengakibatkan tidak terhalangnya doa-doa itu.

Lalu Kapan saat itu terjadi ? Kapan saat-saat yang disarankan untuk kita perbanyak berdoa dan paling mustajab untuk diwujudkan ? harus dipahami jika kamu berdoa pada saat-saat itu saja dan tidak kerjakan semua perintahnya seperti sholat 5 waktu dsb. maka sia-sia, karena kewajiban khusus seorang muslim ialah menyembah padanya dan sholat. Karena itu tanpa mengulas lebih lebar kembali, Berikut Waktu Berdoa Yang Cepat Diwujudkan Dan Mustajab

13 Waktu Istimewah Untuk Berdoa

1. Waktu Tengah Malam Paling akhir

Waktu pertama ialah saat tengah malam terakhir. kemungkinan antara kita benar-benar susah untuk bangun tengah malam. Tetapi bila kamu ketahui jika dipertengahan malam di tiap malamnya, Allah SWT tinggalkan Arsy dan turun kemuka bumi. ini diperkokoh dengan alasan yang mengeluarkan bunyi

Info Source

Allah SWT akan turun kebumi di sepertiga malam paling akhir dan berbicara "Siapa saja yang berdoa, maka ku luluskan, siapa saja yang meminta pasti saya ijinkan dan siapa saja yang minta ampun, tentu saya mengampuni-nya" ( HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, At-Tirmidzi dan Ibnu Abi ‘Ashim ).

Rasulullah saw bersabda. Tidak seorang hamba tidur pada kondisi suci lalu terjaga saat malam hari selanjutnya meminta suatu hal mengenai masalah dunia atau akhirat tetapi Allah akan merestuinya ".( HR. Ibnu Majah)

Terjaga tanpa menyengaja saat malam hari. (An-Nihayah fi Gharibil Hadits 1/190) Yang diartikan dengan "ta'ara minal lail" terjaga dari tidur saat malam hari.

2. Waktu Sesudah Sholat Harus

Waktu ke-2 ialah saat selasasi lakukan beribadah sholat fardhu. sering kita kerap meremehkan keutamaan berdoa sesudah shalat fardhu. tetapi salah satunya saat yang paling mustajab untuk berdoa ialah saat usai sholat, ini diperkokoh denga alasan yang berbunyi.

Dari Abu Umamah ra, sebenarnya Rasulullah saw ditanyakan mengenai doa yang sangat didengarkan oleh Allah swt, beliau menjawab. Di tengah malam yang akhir dan tiap usai shalat fardhu. ( HR. Tirmidzi)

3. Waktu Malam Lailatul Qadar

Waktu ke-3 ialah saat malam Lailatul Qadar, Malam yang lebih mulia dari seribu bulan ini terjadi pada 10 malam paling akhir dibulan ramadhan. Namun, Allah sembunyikan kapan saat malam Lailatul Qadar, Allah cuman menyaratkan malam itu terjadi di 10 malam paling akhir dibulan puasa.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

Malam kemuliaan itu lebih bagus dari seribu bulan. Saat malam tersebut turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan ijin Tuhannya untuk atur semua masalah. Malam itu penuh kesejahteraan sampai keluar fajar ".( Qs. Al-Qadr 97: 3-5)

Imam Asy-Syaukani berbicara jika kemuliaan Lailatul Qadar mewajibkan doa tiap orang tentu diwujudkan. (Tuhfatud Dzakirin hal. 56)

4. Waktu Di antara Adzan dan Iqamah

Saat yang ke-4 untuk berdoa mustajab ialah di antara Adzan dan Iqamah,

Dari Anas bin Malik ra, jika Rasulullah saw bersabda. Doa tidak ditampik di antara adzan dan iqamah ".( HR. Abu Daud, At-Tirmidzi dan Al-Baihaqi)

5. Waktu Pada Saat Turun Hujan

Waktu ke-5 ialah pada saat turun hujan. antara kita kemungkinan banyak yang tidak paham jika saat turn hujan ialah saat yang mustajab untuk berdoa. karena turun hujan ialah karunia Allah SWT untuk tiap penguni bumi. Ini diperkokoh dengan hadist yang berbunyi.

Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yakni saat adzan berkemandang dan saat hujan turun" (HR Al Hakim, 2534, dishahihkan Al Albani di Shahih Al Jami', 3078)

6. Waktu pada Saat Jihad Fii Sabilillah

Waktu ke enam ialah saat Jihat Fii Sabilillah. lebih persisnya saat berperang bela agama islam.

"Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimum kemungkinan kecil tertolaknya. Yakni saat adzan berkemandang dan saat perang kacau, saat ke-2 tim sama-sama serang" (HR. Abu Daud, 2540, Ibnu Bantai Al Asqalani dalam Nata-ijul Afkar, 1/369, berbicara: "Hasan Shahih ")

7 Waktu pada Saat Hari Jum'at

Waktu ke-7 ialah di hari jum'at. bila kita ketahui hari jum'at ialah hari paling penting dibanding beberapa hari yang lainnya. Allah SWT benar-benar memuliakan hari Jum'at dengan memberikan semua keberkahannya.

Dari Abu Hurairah ra, jika Abul Qasim saw bersabda. Sebenarnya di hari Jum'at ada satu saat yang tidak bersamaan seorang hamba muslim shalat dan meminta suatu hal kebaikan ke Allah tetapi akan diberi kepadanya, beliau berisyarat dengan tangannya akan minimal waktu itu ".( HR. Muttafaqun Alaihi)

Saat yang sebentar itu tidak dapat dijumpai secara tepat dan masing-masing kisah mengatakan waktu itu secara berbeda, seperti yang sudah disebut oleh Ibnu Bantai dalam Fathul Bari 11/203. Dan kemungkinan waktu itu ada di saat imam atau khatib naik balkon sampai usai shalat Jum'at atau sampai usai waktu shalat ashar untuk orang yang menanti shalat maghrib.

8. Saat Bersujud dlm Sholat

Waktu ke-8 ialah saat bersujud dalam sholat. ini diperkokoh dengan alasan yang berbunyi.

Dari Ibnu Abbas ra, jika Rasulullah saw bersabda. Adapun di saat sujud, karena itu sungguh-sungguhlah berdoa karena waktu itu benar-benar pas untuk diwujudkan ".( HR. Muslim)

Dalam kisah lain.

Dari Abu Hurairah ra, jika Rasulullah saw bersabda: Yang terdekat seorang hamba pada Rabbnya saat dia sedang sujud, karena itu perbanyaklah kalianlah berdoa. ( HR. Muslim, Abu Daud, Nasa'i dan Ahmad)

9. Doa Waktu saat diterpa satu bencana

Waktu ke-9 saat sedang terserang bencana. saat kita terserang bencana, itu adalah waktu di mana kita benar-benar dekat ke Allah SWT. Saat terserang bencana sering kita memanjatkan doa untuk selekasnya bangun dan keluar musbiah itu.

Doa seorang untuk kebaikan, keselamatan untuk saudaranya yang Muslim, karena itu beberapa malaikat akan ikut menjelaskan Amin. Memohonkan mudah-mudahan doa itu dikenankan dan untuk kamu yang kelihatannya" (HR Muslim)

10. Doa Orang Yang Sedang Berpuasa Sampai Buka

Waktu sepuluh ialah saat berpuasa. beberapa orang yang melaksankan beribadah puasa ada doa yang tidak tertolak. ini perkokoh dengan hadist yang mengeluarkan bunyi

Dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash ra. jika ia dengar Rasulullah saw bersabda. Sebenarnya untuk orang yang berpuasa di saat buka ada doa yang tidak ditampik. ( HR. Ibnu Majah dan Hakim)

11. Doa seorang musafir

Waktu kesebelas ialah saat pergi jauh. siapa kira saat kita sedang pergi jauh saat itu doa kita tidak tertolak

"3 orang yang doanya tentu terkabul ; doa orang yang teraniyaya; doa seorang musafir dan doa orangtua pada anaknya ".[Sunan Abu Daud, kitab Shalat bab Do'a bi Dhahril Ghaib 2/89. Sunan At-Tirmidzi, kitab Al-Bir bab Doaul Walidain 8/98-99. Sunan Ibnu Majah, kitab Doa 2/348 No. 3908. Musnad Ahmad 2/478. Dihasankan Al-Albani dalam Riwayat Shahihah No. 596]

12 Doa Orang Yang terzalimin

Waktu ke-2 belas ialah dao orang yang tertindah dan terzalimin, Hati-hatilah untuk menjalimin seseorang karena doa mereka tidak akan terhambat oleh langit dan langsung ke Allah SWT.

Sebaiknya kamu siaga pada doa orang dizalimi. Sebenarnya doa itu akan naik ke langit sangat patut andaikan api ramai ke udara." (Hadis kisah Hakim - sanad sahih)

13. Doa Ibu

Doa ibu ialah doa yang paling mustajab. Doa ibu tidak pernah mengenal tempat dan waktu. Ridha ibu ialah Ridha Allah SWT. Oleh karena itu, perbanyaklah minta doa dari ibu apa saja yang ditemui dan dilaksanakan.

14 Doa dihari Arafah

Dan saat yang paling akhir ialah saat wukuf di arafah. ini diperkokoh dengan alasan yang berbunyi. Dari ‘Amr bin Syu'aib ra, dari bapaknya dari kakeknya sesungguhnya Nabi saw bersabda. Sebagus-baik doa ialah di hari Arafah ".( HR. At-Tirmidzi )

Komentar