3 Sistem Budidaya Sarang Burung Walet yang Bagus untuk Pemula

3 Sistem Budidaya Sarang Burung Walet yang Bagus untuk Pemula

Photo: Wikipedia Mayoritas dari kita kemungkinan sudah mengetahui jika usaha ternak burung walet sebagai salah satunya usaha dengan kekuatan omset terbesar. Telah banyak peternak walet sukses yang menjelaskan jika mereka dapat memperoleh omset sampai beberapa ratus juta rupiah /bulannya hasil dari usaha ini.

Memang, sarang walet sebagai salah satunya obat yang paling diperlukan tidak cuma di Indonesia tetapi di dunia. Karena peranan khusus dari olahan sarang walet untuk penurun rasa ngilu karena chemotherapy untuk rekan-rekan pasien kanker.

Disamping itu, tidak seluruhnya negara dapat membudidayakan sarang walet ini. Biasanya walet cuman dapat hidup di beberapa negara beriklim tropis, terhitung di Indonesia. Oleh Karenanya, anda dapat manfaatkan keuntungan geografis ini untuk memulai membuat usaha ternak burung walet anda sendiri.

Usaha sarang walet bukan usaha yang gampang. Anda perlu menyiapkan semua gagasan dan penyiapan dengan benar-benar masak. Ingat usaha ini memerlukan modal yang lumayan besar, kita perlu menulis semua penyiapan dari pembangunan awalnya, pembibitan, sampai penyiapan panen.

Buat anda yang belum pahami langkah budidaya walet yang betul, berikut kita akan menerangkan beberapa langkah yang penting anda siapkan.

Hitung Keperluan Modal

Biasanya, modal usaha walet sekitar di antara 100 juta sampai 250 juta. Ongkos ini dibutuhkan untuk membikin satu bangunan untuk rumah walet, beli sarang pemicu walet, dan beli beberapa bahan untuk pembibitan burung walet.

Info Source

Disamping itu, bangunan tempat tinggal walet memerlukan perawatan. Dan dalam prediksi, anda tidak dapat memetik sarang walet dan memperoleh hasil saat sebelum tahun ke-2 . Hingga jumlah modal itu akan dipakai untuk menjaga bangunan sarang walet.

Membuat Bangunan Sarang Walet

Bangunan sarang walet umumnya dibuat dalam model rumah atau bangunan kotak simpel. Saat menentukan tempat untuk membuat rumah sarang walet, sebetulnya lebih bagus jika anda pilih tempat bangunan di wilayah daratan tinggi.

Untuk ukuran bangunan, dapat anda samakan sendiri dengan keperluan dan modal yang anda punyai. Selanjutnya pakai cat warna putih atau abu-abu pada dinding sisi dalam dan luar bangunan.

Dan yakinkan bangunan yang anda bikin mempunyai sirkulasi dan perputaran udara yang bagus. Selainnya untuk jaga temperatur dalam bangunan, sirkulasi itu jadi jalan keluar dan masuknya burung walet.

Hal-Hal Yang Diperlukan dalam Rumah Walet

Sesudah bangunan tempat tinggal walet sudah usai dibikin, selanjutnya kita harus mengisinya dengan beberapa barang yang diperlukan untuk membikin burung walet berasa nyaman dan bangunan itu masih tetap aman.

Salah satunya hal yang terpenting untuk kamu punyai ialah thermometer atau pengukuran temperatur ruang. Ini diperlukan supaya kalian dapat mengetahui berapakah temperatur dalam ruangan itu. Karena burung walet cuman akan berasa nyaman jika ada di temperatur 24 sampai 26 celcius.

Selanjutnya, anda perlu beli tempat bambu. Tempat-wadah bambu ini nanti ditempelkan ke dinding dan dipakai untuk burung walet bersarang. Hingga sarangnya masih tetap bersih dan tidak hancur.

Untuk mode bangunan sarang walet dan langkah peletakan tempat bambu, anda dapat cari rekomendasi di internet dari beberapa peternak yang telah sukses. Dan janganlah lupa, pakai sirene atau alat penjaga keamanan yang lain supaya bangunan tempat tinggal walet tidak dimasuki maling.

Sesudah semua penyiapan telah dibikin, selanjutnya anda perlu ikuti tata langkah ternak burung walet yang betul. Ada 3 langkah yang dapat dilakukan untuk mengawali budiaya burung walet. Berikut ialah tiap triknya.

1. Pembibitan Dengan Menetaskan Telur

Langkah mengawali ternak yang pertama dengan beli telur burung walet dan menetaskannya dengan mesin incubator . Maka, anda menjaga semua burung walet dari kecil sampai dewasa dan dapat membuat sarang sendiri.

Anda dapat beli telur burung walet di pasar burung atau di online shop. Biasanya harga telur burung walet dipasarkan pada harga 300 ribu per 30 butir.

Kelemahan pada sistem pembibitan ini ialah periode saat yang semakin lama mulai dari pembibitan sampai panen. Tetapi, semua walet dapat bertahan di dalam bangunan yang anda bikin jadi lebih lama dan sarang yang dibuat jadi lebih banyak.

2. Pembibitan dengan Langkah Memancing Burung Walet dengan Burung Kapinis

Langkah budidaya walet yang ke-2 dengan memancing burung walet masuk ke sarang yang anda persiapkan dengan memakai burung kapinis. Hingga anda perlu beli burung kapinis dan meletakkannya di bangunan yang anda bikin.

Langkah ini termasuk cukuplah lama, bahkan juga semakin lama dibanding dengan sistem pertama. Tetapi, burung-burung walet semakin lebih cepat berkembang biak karena awalannya dia akan memakai sarang kapinis dan menyingkirkan semua burung kapinis yang berada di bangunan.

3. Pembibitan dengan Memancing Burung Walet Secara Langsung

Dan sistem paling akhir untuk mengawali budidaya burung walet dengan memancing burung walet masuk ke bangunan yang anda bikin dengan menyemprot minyak wangi walet.

Minyak wangi walet ini dibikin dari kombinasi kotoran walet, sarang walet dengan kualitas rendah, dan air yang selanjutnya diendapkan sepanjang 2 malam. Selanjutnya minyak wangi walet ini disemprot ke semua sisi dinding bangunan sampai keluarkan berbau yang unik dari burung walet.

Sepanjang beberapa minggu, burung walet mulai akan dekati bangunan yang anda persiapkan. Karena burung walet sebagai burung yang hidup bergerombol, dia mulai akan ajak beberapa temannya untuk tinggal pada tempat yang serupa.

Sesudah burung mulai tempati rumah dan menghasilkan telur dan sarang, anda tinggal memantau saja supaya tidak ada hewan yang mengusik dan membuat burung stress.

Biasanya dalam setahun ternak burung walet dapat melalui periode panen sampai 2 atau 3x. Dan 1x panen umumnya hasilkan belasan sampai beberapa puluh kg sarang walet yang siap dipasarkan dan diproses.

Tetapi sebaiknya jika anda tidak mengambil langsung hasil panen saat burung baru pertama kalinya menghasilkan sarang. Karena, proses periode panen pertama lebih bagus anda gunakan supaya telur-telur burung menetas dan periode panen selanjutnya anda dapat memperoleh hasil panen dalam jumlah 2x lipat.

Harga satu kg sarang walet berkualitas bagus sekarang ini bisa dipasarkan di atas 10 juta rupiah. Dan untuk sarang walet dengan kualitas rendah dapat anda pakai kembali untuk membikin minyak wangi walet dan memancing burung walet lain supaya banyaknya makin banyak.

Nach, demikian beberapa penyiapan dan langkah ternak burung walet secara benar sampai panen. Memang usaha yang ini benar-benar sulit dan memerlukan modal yang besar sekali. Tetapi dengan omset yang menarik, semua usaha keras kalian langsung akan terbayar.

Komentar