6 Langkah Berbelanja Online di Facebook Supaya Transaksi bisnis Aman

6 Langkah Berbelanja Online di Facebook Supaya Transaksi bisnis Aman

Langkah Berbelanja Online di Facebook Supaya Transaksi bisnis Aman - Pada zaman tehnologi saat ini, kita dimanja dengan semua keringanan yang dijajakan. Terhitung dalam soal berbelanja. Karena ada pasar place dan e-commerce, kita tidak perlu berjumpa atau bertatap muka dengan konsumen, cukup hanya sentuhan jemari lewat handphone, kita bisa berbelanja dimana saja dan kapan saja.

Saat sebelum ada e-commerce, warga digital benar-benar dekat berbelanja online di sosial media. Bahkan juga saat ini juga ada banyak orang yang akui semakin nyaman berbelanja di sosial media seperti pada Facebook dan Instagram sebab menganggap lebih sederhana dan tidak repot.

Tetapi bila Anda sekarang ini sedang ingin belanja di sosial media, ada banyak hal yang perlu Anda lihat untuk jaga transaksi bisnis Anda sama penjual.

Kenapa? Karena sekarang ini Facebook tidak mengizinkan untuk jaga transaksi bisnis online layaknya seperti di e-commerce atau pasar place. Facebook tidak ada mekanisme rekening bersama sebagai mediator yang meredam dana transaksi bisnis saat sebelum barang diterima konsumen.

Jadi berbelanja online di sosial media dapat disebutkan tidaklah aman. Kita harus pandai-pandai serta lebih selective pilih olshop atau penjual yang paling dipercaya untuk keamanan transaksi bisnis supaya tidak gampang tertipu.

Nach berikut ialah panduan dan langkah berbelanja online di Facebook supaya transaksi bisnis aman.

Langkah Berbelanja Online di Facebook Supaya Transaksi bisnis Aman

1. Minta COD dftrlinkslot

Langkah berbelanja online di Facebook yang paling aman menurut saya dengan sistem pembayaran di tempat. Saat sebelum memilih untuk berbelanja online, sebaiknya kita cari beberapa produk yang penjual yang jaraknya tidak jauh, minimal masih satu kota.

Bila COD memungkinkannya, karena itu Anda pantas memercayainya. Hadirlah ke toko atau janjian pada sebuah tempat untuk lakukan transaksi bisnis. Tetapi bila penjualnya jauh dari kotamu, karena itu tentu saja panduan ini tidak bekerja.

Maka dari itu, kita harus menimbang ini. Tidak ada apa-apa bila harga sedikit mahal dibanding di kota lain. Yang paling penting ialah transaksi bisnis aman dan Anda dapat merasakan barang yang diharapkan.

2. Yakinkan Profile Penjual Terang

Jika memanglah tidak dapat CODan karena penjualnya jauh dan harus dikirimkan oleh jasa pengangkutan. Karena itu yang perlu kita lihat lebih dulu ialah profile sang penjual. Beberapa ada yang harus Anda yakinkan salah satunya:

- Perhatikan photo profilnya.

- Saksikan beberapa foto pribadinya.

- Cari info data diri atau biodata di lamannya.

- Lihat apa penjual selalu aktif di Facebook.

- Perhatikan semenjak kapan ia membuat account Facebook.

- Dengan siapa penjual berbicara dengan rekan Facebooknya baik di status, photo, atau timeline kepunyaannya..

Tujuan dari lakukan hal tersebut ialah supaya kita dapat pastikan jika sang penjual betul-betul bisa dipercayai. Account-nya memang real dan bukan account fake atau siluman (account yang baru jadi tempo hari).

Kemudian, Anda dapat tulis atau screenshot beberapa data penjual untuk bahan jaga-jaga dari beberapa hal negatif yang kemungkinan bisa terjadi. Karena telah banyak kasus sesudah berbisnis account sang konsumen di block atau sang penjual hapus account-nya.

3. Mencari Tahu Rekam jejak Penjual

Umumnya umumnya toko toko online atau penjual akan memperlihatkan referensi dari orang yang sudah beli produknya. Ini dilaksanakan sebagai penegasan jika toko online mereka ialah toko online yang dapat dipercayai.

Tetapi Anda pun tidak boleh mudah memercayainya bila referensi itu berbentuk screenshot atau cuman sebuah photo referensi pembicaraan. Sebab bisa saja itu dari konsumen palsu.

Referensi yang dapat disebutkan real ialah mereka yang memberikan referensi yang dikatakan langsung melalui timeline penjual. Dan profile sang konsumen atau pemberi masukan terang dan bisa dipertanggung jawabkan.

Bila olshop itu punyai referensi semacam ini. Karena itu seterusnya yang perlu Anda kerjakan ialah cari tahu rekam jejak dari sang penjual. Apa berangnya sesuai photo saat barang diterima, apa paketannya rapi, atau apa pengangkutannya cepat, dan lain-lain.

4. Saat sebelum Transaksi bisnis Minta sebuah Agunan dari Penjual

Apabila sudah meneguhkan hati untuk beli produk toko online di Facebook, karena itu yang seterusnya Anda harus kerjakan ialah minta sebuah agunan dari sang penjual.

Agunan di sini ialah hak Anda sebagai konsumen, dan penjual harus mematuhinya. Agunan dapat berbentuk identitas sah dari penjual seperti photo ktp atau identitas yang lain. Yakinkan identitas resminya sama dengan profile Facebooknya.

Semestinya onlineshop yang betul-betul real atau mungkin tidak ada elemen niat ingin menipu tentu tidak mempersoalkan ini.

5. Pakai Rekber Paling slotonline dipercaya

Langkah berbelanja online di Facebook yang paling aman ialah memakai jasa rekber atau rekening bersama.

Mekanisme rekber sama dengan mekanisme transaksi bisnis di pasar place atau e-commerce. Dana konsumen akan ditahan lebih dulu di jasa rekber, sesudah barang diterima konsumen, karena itu rekber akan melanjutkan dana itu ke sang penjual.

Umumnya penjual asli akan mempunyai account di tokopedia / bukalapak yang mempermudah untuk konsumen setia yang cemas untuk memakai rekening tokopedia / bukalapak.

Tetapi jika sang penjual tidak punyai account e-commerce atau pasar place, Anda dapat memakai jasa rekber perseorangan atau corporate yang paling dipercaya dan mempunyai rekam jejak yang baik.

6. Bila Tidak dapat Rekber, Yakinkan nama rekening sama bernama sang penjual

Penjual yang tidak punya niat ingin menipu umumnya tidak menampik saat disuruh untuk berbisnis memakai rekening bersama. Anda pantas berprasangka buruk bila penjual tidak ingin memakai rekber, sebab bisa jadi Anda akan di block oleh penjual sesudah dana dikirimkan ke penjual.

Kami tidak merekomendasikan Anda untuk berbisnis dengan mentransfer langsung ke sang penjual.

Tetapi bila Anda sudah yakin dengan penjual dan ingin transfer langsung ke rekening penjual, sebaiknya Anda memerhatikan nama rekening dari sang penjual. Bila nama rekening dan nama penjual berlainan, karena itu Anda pantas berprasangka buruk dan tidak gampang memercayainya.

Komentar