Adam Neumann, Cerita Sukses Pendiri WeWork

Adam Neumann, Cerita Sukses Pendiri WeWork

WeWork ialah perusahaan startup asal dari Amerika Serikat yang sediakan ruangan kerja bersama atau mungkin coworking ruang untuk startup tehnologi, wiraswasta, karyawan terlepas, UKM, dan service untuk perusahaan yang lain. Dibangun pada 2010, berkantor pusat di New York City, startup ini digadangkan bisa menjadi startup tersukses di dunia.

Belum satu dasawarsa berdiri, per januari 2019 valuasi WeWork capai USD 47 miliar, atau sekitaran Rp 658 triliun (kurs 14 ribu). Tetapi mendekati IPO di akhir 2019, valuasi WeWork berkurang mencolok jadi USD 7,8 miliar karena kritis management.

Melesatnya WeWork tidak terlepas dari tangan dingin pendirinya, ia ialah Adam Neumann, Co-founder dan bekas CEO WeWork. Dengan keberhasilan yang dicapai WeWork membuat Adam Neumann tiba-tiba jadi orang kaya. Lantas seperti apakah narasi menginspirasi Adam Neumann pendiri WeWork? Berikut ialah cerita sukses pendiri perusahaan WeWork dimulai dari biografi, profile, dan perjalanan hidup.

[H3] Biografi Adam Neumann [/H3]

Adam Neumann terlahir di Israel, 25 April 1979. Ia ialah putra dari Avivit dan Doron Neumann. Saat berumur 7 tahun, orang tuanya berpisah. Ia dan adik wanitanya berpindah ke Amerika Serikat karena ibunya bekerja di situ sebagai dokter.

Di tahun 1990, sesudah 4 tahun di AS, mereka kembali lagi ke Israel dan tinggal di Kibbutz Nir Am. Ia lulus dari Sekolah tinggi Angkatan Laut Israel dan memegang sebagai perwira di Angkatan Laut Israel sepanjang 5 tahun, ia keluar militer dengan pangkat kapten.

Adam lalu berpindah ke New York menjadi manager karier fashion adiknya. Disamping itu, ia mengangsu pengetahuan di Zicklin School of Business di Baruch College di New York City.

[H3] Perjalanan Karier situsslotlogin [/H3]

Saat sebelum membangun WeWork, Adam membangun perusahaan baju anak-anak, namanya Krawlers.

Adam selanjutnya diperkenalkan temannya dengan Miguel McKelvey, salah satunya pendiri WeWork. Pada akhirannya mereka berdua mulai dekat karena punyai ketertarikan dan penglihatan yang serupa.

Adam dan McKelvey bekerja di gedung kantor yang serupa. Di tahun 2008, ke-2 nya memberikan keyakinan pemilik gedung kantornya untuk membagikan sebuah lantai bangunan yang kosong jadi kantor semi-komunal, selanjutnya sewakan kembali ruang kantor itu.

Adam dan McKelvey bekerja bersama membangun Green Desk pada 2008, usaha coworking ruang yang ramah lingkungan, dengan konsentrasi pada furniture daur ulangi dan listrik tenaga angin. Perusahaan ini ialah cikal akan dari berdirinya WeWork, yang mereka dirikan pada 2010.

Mereka berdua pada akhirnya jual usahanya itu ke Joshua Guttman, selanjutnya meningkatkan ide usaha itu dengan membangun WeWork. Dengan modal permodalan dari pengembang real estat Manhattan Joel Schreiber yang beli 33 % saham di perusahaan itu dengan harga USD 15 juta.

[H3] Melesatnya WeWork [/H3]

Dalam pengembangannya, WeWork sudah terima banyak kucuran investasi, diantaranya dari, J.P. Morgan Chase dan Co, T. Rowe Price Associates, Wellington Manajemen, Goldman Sachs Grup, the Harvard Corp., Benchmark, dan Mortimer Zuckerman, bekas CEO Boston Properties.

Pada Januari 2015, WeWork sudah mempunyai 51 lokasi coworking ruang di semua AS, Eropa, dan Israel, ini bertambah 2x lipat dibanding di tahun akhir 2014. WeWork umumkan gagasannya untuk melakukan ekspansi ke semua benua (terkecuali Antartika) pada 2017.

WeWork dikukuhkan sebagai salah satunya perusahaan paling inovatif tahun 2015 oleh majalah Fast Company.

Pada Januari 2016, WeWork diputuskan oleh majalah Fortune sebagai satu dari unicorn terbaik. Di saat itu, WeWork mempunyai valuasi sebesar USD 10 miliar.

Pada 9 Maret 2016, WeWork sukses kumpulkan USD 430 juta dalam perputaran permodalan dari Legend Holdings dan Hony Capital. Kemudian WeWork disampaikan terima investasi sebesar USD 1,7 miliar dari beberapa privat capital. Investasi di tahun 2016 ini sukses tingkatkan valuasi WeWork jadi USD 16 miliar.

Pada 30 Januari 2017, The Wall Street Journal memberikan laporan jika SoftBank Grup Corp lakukan investasi ke WeWork lebih dari USD 1 miliar, dan investasi ini melesatkan valuasi perusahaan capai USD 20 miliar.

Di bulan November 2018, WeWork kembali memperoleh dana tambahan sebesar USD 3 miliar dari SoftBank sebagai imbalan atas kerja sama yang memungkinkannya Softbank untuk beli saham WeWork di akhir September 2019. Saat sebelum gagasan IPO WeWork, Softbank telah mengucurkan keseluruhan dana sekitar USD 10,6 miliar untuk perubahan WeWork.

[H3] Kekeliruan situsonlineslotterpercaya Adam Neumann [/H3]

Kesuksesan WeWork memperoleh banyak injeksi dana membuat CEO dan Co-founder WeWork, Adam Neumann, tiba-tiba jadi orang kaya. Adam disampaikan kerap lakukan rutinitas jelek seperti pesta, menambah-adukan keuangan perusahaan dengan keuangan individu, dan berpoya-poya.

Wall Street Journal memberikan laporan jika Adam lakukan terbang memakai jet individu, bahkan juga di tahun 2018 perusahaan beli satu jet individu sebesar USD 60 juta.

Selanjutnya WeWork juga aktif lakukan investasi ke beberapa perusahaan startup, dan buka usaha sambilan, walau sebenarnya di lain sisi keuangan WeWork tengah berdarah-darah.

Keuangan WeWork yang sedang labil ditambahkan langkah Adam pimpin WeWork yang tidak bagus, tersingkap saat WeWork akan lakukan IPO di akhir 2019. Karena ini The We Company, induk usaha WeWork, harus tunda gagasan IPO karena valuasi WeWork yang jeblok secara mencolok dari USD 47 miliar ke USD 7,8 miliar.

Pada 22 September 2019 laporan dari The Wall Street Journal ungkap jika banyak direktur WeWork merencanakan minta Adam untuk mundur dari status CEO. The Wall Street Journal memberikan laporan jika ia sudah habiskan USD 700 juta dari WeWork saat sebelum gagasan IPO. Dengan tekanan yang demikian kuat, pada 24 September 2019, Adam pada akhirnya memundurkan diri dari kedudukan CEO WeWork.

Pada Oktober 2019, The Wall Street Journal memberikan laporan jika Adam akan terima nyaris USD 1,7 miliar dari SoftBank, yang disebut pemegang saham paling besar WeWork, karena ia memundurkan diri dari dewan WeWork dan putuskan mayoritas hubungan dengan perusahaan.

Softbank diberitakan akan balik menginjeksi WeWork dengan dana investasi sebesar USD 9,5 miliar untuk selamatkan WeWork dari kemerosotan.

[H3] Individual Life [/H3]

Adam menikah dengan Rebekah Paltrow Neumann, yang disebut pembikin film, artis dan wiraswasta Amerika. Berdasar data dari Wikipedia, Adam mempunyai lima orang anak.

Adam Neumann sudah sukses membangun startup sebagai usaha besar di Amerika Serikat. Sesudah banyak ketidakberhasilan pada awal kariernya, ia belajar dari kekeliruannya dan baru capai pucuk keberhasilan dengan usaha keras dan kemauannya.

[H3] Profile Adam Neumann [/H3]

- Nama: Adam Neumann

- Tanggal Lahir: 25 April 1979

- Tempat Lahir: Tel Aviv , Israel

- Dikenali: Co-founder WeWork

- Pasangan: Rebekah Paltrow Neumann

Komentar