7 Bukti James Riady, Figur Konglomerat Dibalik Mega Project Meikarta

7 Bukti James Riady, Figur Konglomerat Dibalik Mega Project Meikarta

Belakangan ini nama James Riady jadi perhatian beberapa orang sesudah kasus suap hal pemberian izin mega project Meikarta muncul ke publik. Masalahnya salah satunya pebisnis sukses ini sebagai pemilik dari Lippo Grup yang sebagai pengembang dari Meikarta.

Sebagai penerus tahta kerajaan Lippo Grup, James Riady yang gantikan status si ayah, Mochtar Riady, terhitung orang yang pintar dan benar-benar lincah di dunia bisnis. Selainnya berlimpah prestasi, pria 4 orang anak ini mempunyai kekayaan yang nilainya fenomenal. Lalu siapa James Riady?

Anak dari Mochtar berapabukahongkong Riady

James Riady lahir di tahun 1957 di Jakarta, Dia sebagai anak dari taipan sukses Indonesia, Mochtar Riady, dan ibunya namanya Suryawati Lidya. Kemungkinan antara kita tentu sudah mengenali siapa itu Mochtar Riady, Yaps, ia sebagai salah satunya orang paling kaya di Indonesia sekarang ini melalui gurita usaha yang Mochtar dirikan namanya Lippo Grup.

Figur pintar alumnus luar negeri

Siapakah yang menduga, tercipta dari keluarga yang kaya raya tidak membuat kehidupan James seperti sultan yang menyukai berpoya-poya. Semenjak kecil, James dididik menjadi seseorang yang mandiri. Bahkan juga si ayah pernah mengirimnya ke Macau untuk meneruskan sekolahnya disitu.

Sesudah usai, James selanjutnya berpindah ke Australia sepanjang 8 tahun dan menamatkan kuliahnya di University of Melbourne. Tidak lama dari itu, James lalu berpindah ke Amerika pada 1977 untuk mengawali karier usaha di bagian perbankan.

Pelaku bisnis yang andal

James Riady memulai kariernya magang di Bank Irving Kepercayaan dan Investment Bank di Arkansas, AS. Selanjutnya dia sempat magang sepanjang 10 bulan di Stephens Inc, sebuah perusahaan service keuangan independent. James Riady pimpin pengembangan dari Lippo Bank yang buka cabang di Los Angeles.

Karena jalinan ayahnya dengan pemilik Stephens Inc, Jackson T.Stephens, James mulai kenalan dengan Bill Cinton yang disebut Presiden Amerika Serikat ke 42. Saat itu, Bill Clinton masih memegang sebagai Gubernur Arkansas.

Hubungan keluarga Riady dan Bill Clinton, hingga support keuangan diberi James saat Bill Clinton maju sebagai calon Presiden Amerika Serikat.

Disampaikan pernah terganjal kasus di Amerika

Diambil dari detikcom, di tahun 1990-an James Riady bersama Group Lippo pernah terlilit kasus turut serta dalam bagiangalan dana ilegal dalam kampanye Partai Demokrat Amerika Serikat. Kasus itu mengakibatkan James dan perusahaan punya keluarganya, Lippo Grup, dikenakan denda US$ 8,6 juta.

Ahli waris tunggal Group Lippo

Sesudah zaman Mochtar Riady, cerita sukses Group Lippo sekarang berpindah ke tangan putranya yaitu James Riady. Pulang ke Indonesia, James Riady dipercayai sebagai Chief Executive Officer atau CEO Lippo Grup. Kisah hidupnya dalam menjalankan bisnis saat di Amerika Serikat jadi pelajaran bernilai untuknya dalam memperbesar usaha di Indonesia.

Mengulas dari beragam sumber paling dipercaya, James Riady sebagai ahli waris tunggal dari kekayaan usaha si ayah. Karena kecermatannya dalam menganalisa pasar, sekarang usaha Group Lippo sudah menggurita dalam beragam bidang salah satunya, property, retail, mall, tehnologi sampai media.

Kaya raya karena gurita usaha

Beberapa perusahaan yang dinaungi Lippo Grup diantaranya PT Lippo Cikarang Tbk, PT Matahari Department Toko Tbk (Matahari Department Store), PT Siloam Hospital Tbk, PT Multipolar Tbk, PT First Media Tbk, sampai PT Matahari Putra Sempurna Tbk.

Disamping itu, James Riady meningkatkan usaha di dunia pengajaran. Dia membangun Sekolah Pelita Keinginan dan Kampus Pelita Keinginan. James sempat juga mencatat namanya sebagai pemberi dana ke Persatuan Bulu-bulu Tepis Semua Indonesia (PBSI).

Dari Lippo Grup yang semakin jadi membesar, membuat nama ayahnya, Mochtar Riady masuk ke daftar salah satunya orang paling kaya di Indonesia menurut majalah Forbes. Keluarga Riady ada pada status ke 9 jadi orang paling kaya di Indonesia dalam jumlah kekayaan capai US$ 3 miliar atau sekitaran Rp 45 triliun (Kurs Rp15 ribu).

Otak dibalik mega project togelhongkongindonesia Meikarta

Dibalik keberadaannya, Meikarta sudah mengisap banyak perhatian warga Indonesia. Mega project yang disampaikan habiskan dana sejumlah Rp 278 T digadangkan akan menjelma sebagai kota baru di Indonesia. Bahkan juga jargon Meikarta pada iklannya Saya ingin berpindah ke Meikarta sangat akrab dalam telinga kita.

Meikarta direncanakan sebagai kota tempat tinggal berdikari dengan ide modern. Didalamnya, ada beragam fasilitas pengajaran dari pra-sekolah sampai kampus, rumah sakit, pusat perdagangan kulineran, tempat wisata, dan hotel.

Jadi orang nomor satu di Group Lippo sekarang ini, mustahil jika James Riady tidak berperanan dalam kehadiran mega project Meikarta. Dapat disebutkan, dianya ialah figur penting dibalik Meikarta.

Tetapi sayang, kilaunya mega project Meikarta harus tercoreng karena terganjal kasus. Di awal bulan Oktober 2018 ini, KPK memutuskan sebagian orang terdakwa berkaitan sangkaan suap hal pemberian izin Meikarta.

Walau terganjal kasus, toh James Riady sebagai pebisnis besar yang sukses melanjutkan kemasyhuran perusahaan punya ayahnya. Usaha keras dan pantang menyerahnya, itu pelajaran hidup yang dapat kita mengambil dari james Riady.

Komentar